Senin, 07 September 2009

Mekah Banjir Tahun 1941


Mekah pernah mengalami banjir sekitar 67 tahun yang lalu, tepat-nya pada tahun 1941. Ketinggian air mencapai sekian meter dari Kaabah. Dengan ketinggian air tersebut, anak-anak memanfaatkannya untuk berenang di sekitar Ka'bah.

Banjir pada Mekah juga pernah terjadi pada bulan Januari tahun 2008 ini.

Kendengaran-nya mengada-ada, namun ini sebuah realita. Memang, sulit masuk di akal normal, daerah yang penuh dengan pasir-pasir kering ini masih terjadi banjir. Daerah yang terkenal dengan panas dan gurun-gurun pasir-nya, ada banjir.

Menurut Arifin Bey, dalam buku-nya ‘Tanya Jawab tentang Islam’ terbitan tahun 1960, struktur tanah di sekitar Mekah itu adalah pasir dan batu-batuan sejenis pualam.

Batu ini keras-nya minta ampun deh, akibat itngkat kepadatan dan kerapatan-nya yang luar biasa. Lebih keras dari BERLIAN. Hujan yang turun 1 sampai 2 kali setahun itu tertahan oleh batuan tersebut.

Itulah sebab-nya mengapa air hujan bisa tertahan dan tidak meresap ke permukaan tanah. Dan, hujan yang 1-2 kali itu deras dan lebat-nya bukan main. Barangkali, lama dan lebatnya hujan inilah yang mengakibat-kan Mekah banjir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar