Senin, 03 Agustus 2009

Al-Quran Emas Mencapai Rekor Penjualan Tertinggi di Balai Lelang Christie

Sebuah al-Quran yang berasal dari abad ke-13 terjual dengan harga mencapai rekor tertinggi di balai lelang Christie, London. Al-Quran itu terjual dengan harga 1. 140. 500 poundsterling atau sekitar 2. 320. 917 dollar.

Al-Quran kuno yang terjual dalam lelang barang-barang seni dari dunia Islam dan India, awalnya diperkirakan akan terjual dengan harga 250. 000 sampai 300. 000 poundsterling. Semua barang yang terjual senilai 5, 9 juta poundsterling.

Al-Quran bertahun 1203, seluruhnya ditulis dalam tinta emas, dengan catatan kaki menggunakan tinta dari perak. Al-Quran ini, diketahui sebagai al-Quran yang ditulis secara lengkap di dunia, yang ditulis dengan tinta emas. Harga al-Quran ini memecahkan rekor harga penjualan al-Quran dan penjualan manuskrip Islam, yang pernah terjual di balai lelang.

Dalam lelang yang berlangsung pekan kemarin, juga terjual sebuah al-Quran Kufic, yang diyakini sebagai al-Quran asli yang berasal dari Afrika Utara atau Timur Tengah. Al-Quran itu juga terjual dengan harga tinggi yaitu 916. 500 poundsterling, lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan awal sekitar 600. 000 poundsterling.

"Penjualan yang luar biasa hari ini, merupakan salah satu penjualan tertinggi yang pernah terjadi bagi karya seni Islami di balai lelang Christie. Ini menunjukkan minat yang kuat dan harga yang sangat tinggi terhadap karya-karya seni klasik dari dunia Islam, " kata william Robinson, direktur Seni Islam dan karpet serta kepala penjualan di balai lelang Christie.

"Tawar menawar lewat telepon, internet dan di dalam ruangan sangat kompetitif, sehingga tawar menawar jadi sangat hidup, " sambung Robinson. (ln/mol/eramuslim)


This is an undated photo released by Christie's auctioneers of a 13th century Quran which has sold for a world record at the London auction house Tuesday Oct. 23, 2007. The religious artefact went under the hammer for 1,140,500 pounds ($US 2,321,770) - the highest amount paid for an Islamic holy book. Written in 1203, the tome is the earliest-known complete, dated Quran, transcribed in gold and was part of a sale of art from the Islamic and Indian World.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar