Senin, 03 Agustus 2009

Al-Quran Kuno Terjual Jutaan Dollar di Balai Lelang Christie, London



Rumah Lelang paling bergengsi di London, Christie, berhasil melelang sebuah al-Quran kuno dengan harga 2, 5 juta poundsterling atau sekitar 4, 9 juta dollar pada Selasa (8/4). Harga itu memecahkan rekor harga termahal manuskrip Islam yang pernah dilelang di rumah lelang Christie.

Al-Quran kuno diduga berasal dari kota Madinah, Arab Saudi dan sudah ada sejak pertengahan abad ke-7. Christie awalnya memperkirakan al-Quran kuno itu akan terjual dengan harga antara 100 ribu-150 ribu poundsterling. Tapi ternyata terjual hingga 2, 5 juta poundsterling atau lebih dari 45, 5 milyar rupiah.

Selain itu, sebuah ukiran terbuat dari marmer, hiasaan bagian atas tiang bangunan yang diduga sebagai benda bersejarah peninggalan zaman keemasan Islam di Cordoba, Spanyol terjual dengan harha 1, 3 juta poundsterling.

Dan termasuk pemecah rekor harga termahal benda-benda bersejarah Islam yang terjual di rumah lelang Christie. Awalnya, ukiran dari pualam itu diprediksi hanya akan laku dengan harga 50 ribu-70 ribu dollar.

Sayangnya, Christie tidak bersedia mengumumkan siapa orang yang telah membeli Al-Quran kuno dan ukiran pualam itu. (ln/al-arby/eramuslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar